March 11, 2017

10 Tips Ampuh Meningkatkan Daya Ingat dengan Cepat dan Mudah

Tips Ampuh Meningkatkan Daya Ingat dengan Cepat dan Mudah

Setiap orang memiliki kualitas ingatan dan konsentrasi yang berbeda-beda. Ada orang yang memiliki ingatan dan konsentrasi yang kuat, tetapi ada juga yang memiliki ingatan yang lemah. Bagi kalian yang mempunyai ingatan dan konsentrasi yang kuat, tentu tidak menjadi masalah. Tetapi akan lain halnya bagi kalian yang memiliki kesulitan dalam mengingat dan konsentrasi. Hal tersebut dapat mengganggu aktivitas dan produktivitas kalian. Ingatan kita layaknya organ tubuh yang lain yang membutuhkan latihan teratur agar selalu dalam kondisi baik. Daya ingat memerlukan pelatihan khusus agar tetap dalam kondisi prima dan kemampuannya meningkat.

Adapun beberapa faktor yang dapat membuat menurunnya kemampuan daya ingat seseorang diantaranya, kurang tidur, mengkonsumsi alcohol atau obat-obatan, depresi, kurangnya konsumsi vitamin B12 dan lain-lain.

Ada beberapa cara sederhana, yang dapat kalian ikuti untuk menjaga daya ingat kalian tetap dalam kondisi prima, dan juga teknik yang benar-benar dapat membantu kalian memperbaiki kondisi dan kinerja daya ingat kalian.

1. Tidur yang cukup

Durasi tidur yang dilakukan setiap harinya sangat penting dan berpengaruh pada kesehatan karena ketika tubuh kurang tidur meskipun hanya satu malam, maka hormon dalam tubuh akan terganggu diantaranya hormon yang mengatur mood seseorang. Selain itu, efek negatif kurang tidur juga salah satunya bisa membut seseorang menjadi lebih gemuk.

Durasi waktu tidur akan berbeda pada setiap kelompok usia karena hal ini disebabkan oleh kondisi tubuh masing-masing. Kisaran waktu tidur untuk anak remaja adalah 8-10 jam sehari, sedangkan kisaran waktu tidur untuk orang dewasa adalah 7-9 jam sehari.

2. Rutin berolahraga

Olahraga meningkatkan sistem peredaran darah. Bahkan latihan sehari-hari yang sederhana tapi rutin seperti berjalan cepat dapat meningkatkan kinerja jantung dan memperlancar sirkulasi oksigen ke otak. Manfaat olahraga berpengaruh positif pada banyak sistem tubuh, khususnya daya ingat dan kemampuan kognitif lainnya. Cukup dengan berolahraga selama 20 menit setiap hari dalam latihan yang sederhana seperti berjalan kaki, bersepeda atau berenang.

Terbukti secara ilmiah bahwa berjalan kaki selama 2,5 jam setiap minggu secara substansial akan meningkatkan daya ingat pada orang-orang di atas usia 50 tahun. Jadi mulai sekarang, kalo pergi ke warung yang jaraknya deket, mending jalan kaki ajalah ya…

3. Mengkonsumsi makanan yang sehat

Apa yang kita makan setiap hari, mempengaruhi kinerja dan kondisi daya ingat kita dalam jangka panjang. Ciri-ciri umum dari makanan ini adalah mereka kaya akan antioksidan dan vitamin yang bermanfaat bagi sistem saraf.

Ingatlah bahwa untuk mendapatkan asupan vitamin yang cukup dalam tubuh kalian, lebih baik untuk makan lebih banyak buah dan sayuran daripada menelan vitamin formulasi. Alasannya adalah dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin kalian juga menyerap nutrisi yang berguna lainnya yang bertindak untuk melengkapi dan mendukung kerja vitamin.

Beberapa makanan yang bisa meningkatkan daya ingat kalian adalah:
  • Sayuran berdaun hijau, bayam, kubis, selada
  • Brokoli dan kembang kol
  • Berbagai macam berry, buah delima
  • Kacang-kacangan (kacang merah, kacang almond, dll)
  • Ikan berlemak seperti salmon, sarden, mackerel
  • Minyak zaitun dan minyak nabati lainnya
  • Dark Chocolate

4. Bermain

Semakin kalian sering melatih otak kalian, semakin kalian membantu daya ingat kalian tetap bugar. Ada banyak permainan yang dapat meningkatkan kemampuan intelektual kalian, sekaligus juga berkontribusi untuk hubungan sosial yang lebih baik, seperti backgammon, catur, teka-teki dan banyak permainan papan lainnya. Selain itu, adapun game-game seru yang dapat meningkatkan logika dan daya ingat kalian, seperti Lumosity, Plants vs Zombie, The Curse, Game 2048, Brain Wars, dll. Just go to play store and download the apps! hahaha

5. Memulai kebiasaan baru

Setiap kali kalian mengharuskan pada diri sendiri untuk melakukan sesuatu yang baru, kalian berarti memicu kekuatan baru untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Pertimbangkan untuk merubah layout kamar kalian, mengoleskan selai pada roti dengan cara yang berbeda atau dengan mata tertutup, mengenakan baju dengan satu tangan, atau belajar menggosok gigi dengan tangan yang lain. Kalian dapat memikirkan beberapa ide lain untuk melatih otak dan membantu meningkatkan daya ingat kalian.

6. Menjalin hubungan sosial di lingkungan sekitar

Interaksi sosial dapat merangsang otak. Selain itu, hubungan saling mendukung dalam keluarga akan menjaga tingkat stres tetap rendah sehingga mencegah produksi hormon cortisol yang berlebih. Manusia pada dasarnya memiliki keramahan yang melekat. Semakin sosial kalian, semakin baik untuk otak kalian. Mengisolasi diri akan merusak banyak sistem tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa otak dan jantung memiliki banyak keuntungan hubungan keluarga dan sosial yang baik.

Sehubungan dengan konteks ini, kalian bisa menjadi relawan untuk memberikan bantuan dimana masyarakat membutuhkan kalian, atau bahkan berpartisipasi dalam kelompok terorganisir, yang sesuai dengan kepentingan kalian sendiri. Jika kalian memiliki hewan peliharaan misalnya, kalian dapat bersosialisasi dengan orang lain yang juga memiliki hewan peliharaan dan mendiskusikan dengan mereka masalah yang relevan serta mengembangkan hubungan yang lebih erat.

7. Menulis

Menulis aktivitas dan hal penting dalam kehidupan sehari-hari dapat membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi kamu. Cara ini menurut saya sangat mudah untuk dilakukan. Jika kamu khawatir lupa tentang sesuatu yang penting maka tulislah di buku harian atau selembar kertas. Aktivitas menulis menciptakan aliran oksigen ke area otak sehingga sesuatu yang kamu tulis akan mudah diingat daripada tidak kamu tulis. Menulis akan membantu untuk meningkatkan kapasitas memori untuk mengingat dan menghafal informasi. Get your diary before you sleep every single night. Easy right?

8. Jangan terlalu memikirkan hal yang tidak penting

Memikirkan dan melakukan banyak hal dapat membuat kamu sering lupa. Hal ini karena kamu terlalu memikirkan dan memperhatian banyak hal secara bersamaan. Kinerja otak tidak bisa mengerjakan banyak hal dalam waktu yang bersamaan. Misalnya kamu akan sulit membaca buku dan melakukan percakapan dengan teman pada waktu yang sama. Kondisi ini tentu menurunkan konsentrasi kamu. Otak membutuhkan sekitar delapan detik untuk menyimpan informasi dalam memori. Jadi tetaplah berusaha untuk rileks dan jangan melakukan banyak hal secara bersamaan (multitasking).

9. Relaksasi

Aktivitas relaksasi tidak rumit atau berbiaya mahal. Yang terpenting adalah tepat sasaran untuk mengatasi stres yang sedang diderita. Kalian bisa melakukan relaksasi secara rutin di rumah, baik sendiri maupun bersama kerabat. Adapun relaksasi yang dapat kalian lakukan seperti latihan pernapasan, mendengarkan music, yoga, maupun meditasi.

10. Jangan pernah berhenti belajar

Carilah topik yang menarik minat kalian dan mulailah terlibat didalamnya dengan mempelajari informasi-informasi baru dan perkembangan tentang topik tersebut. Jika memungkinkan, kalian dapat bergabung dengan kelompok yang memiliki minat yang sama dengan kalian untuk berdiskusi dengan orang-orang dalam kelompok tersebut.

Membaca, mengikuti kuliah, program, informasi di televisi dan internet, merupakan sumber pendidikan berkelanjutan untuk otak kalian yang tentu saja akan mendatangkan hasil yang bermanfaat untuk perkembangan daya ingat kalian.

Otak itu ibarat pisau, harus sering diasah kalo mau tajam.

So, segitu aja tips ampuh meningkatkan daya ingat, semoga bermanfaat bagi kalian terutama yang masih sering-sering lupa apalagi kalo pelajaran sejarah *hah. Just do all the tips for a better brain performance haha! -xoxo

No comments:

Post a Comment