January 06, 2017

Tips Menentukan Pilihan PTN dengan Pertimbangan Passing Grade

Share it Please
Passing Grade

Passing grade, tentu sangat familiar bagi kalian yang sedang melakukan persiapan SBMPTN. Tentu ini dikarenakan hampir semua siswa dalam memilih jurusan PTN akan mempertimbangkan betul passing grade jurusan yang bersangkutan. Pada dasarnya, PTN manapun tidak akan memberikan bocoran tentang Passing grade kepada pihak-pihak tertentu. So, passing grade yang ada saat ini merupakan buatan bimbel yang sengaja dibuat untuk acuan kelulusan atau kemampuan dalam menjawab soal. Passing grade adalah sesuatu yang sifatnya dinamis. Artinya, setiap periode SBMPTN memiliki standar tersendiri untuk jurusan-jurusan tertentu setiap tahunnya.

Berikut ini adalah beberapa fakta mengenai passing grade, yang penting untuk kalian pahami :  
  1. Passing grade biasa dinyatakan dalam bentuk persentase (misal : 65%) 
  2. Passing grade selalu berubah tiap tahunnya. Nilai passing grade dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya  jumlah persaingan dan peminat suatu jurusan pada tahun-tahun sebelumnya.
  3. Tidak ada yang tau mengenai nilai passing grade asli suatu jurusan di PTN.
  4. Jika passing grade asli tidak pernah dikeluarkan, lalu bagaimana data passing grade bisa dikeluarkan oleh bimbel? Jawabannya adalah, data tersebut merupakan data prediksi berdasarkan data perhitungan manual dan atau data nilai minimum alumni bimbel yang diterima di PTN. Ini alasannya mengapa data passing grade di setiap bimbel berbeda, meski tidak terlalu jauh.
  5. Passing grade bukan satu-satunya patokan dalam memilih jurusan. Masih ada variabel lain, diantaranya jumlah kuota bangku tersedia berbanding dengan jumlah peminat tahun sebelumnya, prospek karir setelah lulus kuliah, dan lain-lain.
  6. Meskipun begitu, passing grade dapat digunakan bagi kalian, para pejuang SBMPTN sebagai target nilai dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan semangat belajar kalian. Dalam menentukan target nilai, pastikan kalian membidik nilai yang lebih tinggi dari nilai passing grade untuk memperbesar peluang kalian untuk lulus SBMPTN. Contoh : nilai prediksi passing grade adalah 45% , maka target yang kalian tetapkan adalah 50%-60% sehingga dapat memperbesar kalian diterima pada PTN yang dituju.   
Rumus menghitung passing grade:
Cara Lulus SBMPTN tanpa Bimbel

Jadi contohnya Joko mengambil jurusan teknik elektro di ITB. Yang mana, diketahui bahwa nilai passing gradenya adalah 62,5%. Setelah diperiksa lebih lanjut, diketahui bahwa:
Jumlah jawaban benar= 90
Jumlah jawaban salah= 13
Jumlah jawaban kosong= 32
Jumlah soal keseluruhan= 135
Dengan menggunakan rumus diatas, maka diperoleh nilai passing grade Joko adalah 64,25%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Joko memiliki peluang untuk lulus teknik elektro-ITB. Selamat buat Joko!

Oiya pada saat daftar SBMPTN nanti akan diberikan pilihan 1, pilihan 2, dan pilihan 3. Jadi saran aku, kalian maksimal-in kesempatan itu buat milih Universitas yang kalian tuju. Dalam penempatan jurusan-PTN juga harus ada strateginya loh. Nah usahakan agar kalian memilih pilihan 1,2, dan 3 dengan dasar pertimbangan passing grade. Jadi pilihan 1 passing grade-nya lebih besar dibanding dengan pilihan 2, dan pilihan 2 passing grade-nya lebih besar dibanding pilihan 3. PG 1> PG 2 > PG 3

Misalnya kalian mau milih TI - ITB (65,9%) , Ilkom-UI (52,8%) , dan Ilkom -UGM (54,8%)
Jadi disarankan agar memilih:
Pilihan 1 = TI -ITB
Pilihan 2 = Ilkom - UGM
Pilihan 3 = Ilkom - UI

Tapi, hal tersebut tidak mutlak harus dilakukan. Di sisi lain kalian juga harus menentukan pilihan 1,2, dan 3 dengan dasar pilihan 1 adalah jurusan-PTN yang benar-benar merupakan impian kalian. Pilihan 2, adalah pilihan kombinasi antara jurusan-PTN impian (cadangan) kalian dan kemampuan kalian, dan pilihan 3 merupakan pilihan yang sesuai dengan kemampuan kalian. Jadi jika kalian tidak lulus di pilihan 1 dan 2, pastikanlah bahwa pilihan 3 kalian lulus.

Karena 'Lulus' di pilihan 3 lebih baik dibandingkan 'Tidak Lulus' di semua pilihan. 

Trust me! Rasanya sakit guys kalo di layar pengumuman latarnya warna merah. Walaupun jika nanti akhirnya, pilihan 3 gak kalian ambil.  
Semoga ini bisa membantu membuka pikiran kalian semua. Semoga kalian bisa lulus SBMPTN, Good luck!

4 comments:

  1. Hallo baru sempat berkunjung balik :D
    Wahhh pembahasannya bikin puyeng ya, udah ngelewatin masa ini btw. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe maaf bahasa nya bikin puyeng, masih newbie soalnya. Btw makasih udah berkunjung. Salam kenal ^ ^

      Delete
  2. Kalo misal pilihan 1 sama 3 ptnnya sama gimana bisa apa tidak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, sbmptn kemarin aku pilihan 1 sama 3 itu di ptn yang sama.
      Terima kasih sudah berkunjung ^ ^

      Delete